Visi, Misi & Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang unggul dalam menghasilkan calon pendidik yang berkarakter peduli, amanah, gigih dan inovatif.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran
    Bahasa Inggris inovatif untuk mencapai kompetensi pendidik yang mampu merancang
    dan mengembangkan pembelajaran berbasis TI, 4 Cs (The 21st Century Skills),
    HOTS dan literasi
  2. Melaksanakan penelitian inovatif dengan gigih
    dan meningkatkan kepedulian dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat;
  3. Melaksanakan Kurikulum Berdasarkan KKNI;
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia secara konsisten;
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana kependidikan;
  6. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif;
  7. Melaksanakan pendidikan kewirausahaan yang terkait dengan Bahasa Inggris secara kreatif;
  8. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak (regional, nasional dan internasional) yang menunjang peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi;

Tujuan

  1. Menjadikan lulusan memiliki 4 kompetensi dasar yang meliputi :
    • Kompetensi pedagogik, yaitu kompetensi dalam mengelola pembelajaran yang mencakup pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksana pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik. Kompetensi ini merujuk kepada kemampuan mengajarkan Bahasa Inggris yang dideskripsikan dalam kompetensi dasar, yakni menguasai Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris dan terampil mengajarkan Bahasa Inggris dan mengevaluasi hasil pembelajarannya yang tercakup dalam Mata Kuliah Keahlian Berkarya, Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan, serta Mata Kuliah Perilaku Berkarya.
    • Kompetensi kepribadian, yaitu kompetensi kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladan bagi peserta didik, dan berakhlak mulia. Kompetensi ini tercakup dalam kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian yaitu Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan serta Bahasa Indonesia
    • Kompetensi profesional, yaitu kompetensi dalam hal penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkan lulusan membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan. Kompetensi ini merupakan kompetensi penguasaan dan kemampuan berbahasa Inggris yang dideskripsikan ke dalam Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan yang meliputi kemahiran berbahasa Inggris (Language Skills), Penguasaan ilmu kebahasaan (Linguistics subjects), dan penguasaan ilmu kesastraan (Literature subjects).
    • Kompetensi sosial, yaitu kompetensi sebagai bagian dari masyarakat sekolah untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan  peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat luas. Kompetensi sosial ini dicakup dalam Mata Kuliah Perilaku Berkarya dan Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat.
  2. Membimbing mahasiswa untuk melakukan penelitian dalam bidang bahasa, pengajaran bahasa Inggris dan mengaplikasikan IPTEK hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas program pendidikan bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terkini dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris.
  3. Memfasilitasi peningkatan kualitas dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.
  4. Memfasilitasi kebutuhan kegiatan akademik Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
  5. Meningkatkan suasana akademik yang kondusif untuk mencapai kompetensi pendidik
  6. Mengadakan kerjasama dengan berbagai instansi yang terkait dengan riset dan kewirausahaan yang berkaitan dengan disiplin ilmu pendidikan bahasa Inggris, untuk pengabdian kepada masyarakat.
  7. Mendidik mahasiswa untuk mengembangkan kewirausahaan dalam penyediaan jasa di bidang bahasa dan pengajaran bahasa Inggris.
  8. Merealisasikan nota kesepahaman kerjasama dengan  pihak-pihak terkait (lokal, nasional, regional dan internasional) untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sivitas akademika serta lulusan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat