Capaian Pembelajaran

Bagikan Informasi

Capaian Pembelajaran Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Sikap :

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradapan berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akdemik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlianya secara mandiri.
  10. Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi nilai – nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.

Penguasaan Pengetahuan

  • Umum
  1. Mampu menguasai konsep teoritis tentang pedagogi.
  2. Mampu menguasai prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan.
  3. Mampu menguasai konsep dan teknik pengembangan, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris.
  • Khusus
  1. Mampu menguasai teknik berkomunikasi secara lisan dan tulisan(empat keterampilan berbahasa Inggris) sesuai dengan konteks keseharian/umum dan akademis setara tingkat post-intermediate.
  2. Mampu menguasai teknik berkomunikasi secara lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for Specific Purposes) sesuai konteks keseharian/umum dan akademis setara tingkat intermediate.
  3. Mampu menguasai konsep teoritis tentang kesusastraan mencakup poetry, short stories, novel dan drama.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistik) yang mencakup phonology, morphology and syntax, semantics, pragmatics, discourse analysis, sociolinguistics dan psycholinguistics.
  5. Mampu menguasai metodologi pembelajaran bahasa, kurikulum dan pengembangan bahan ajar, perencanaan pengajaran, serta penilaian hasil belajar.
  6. Mampu menguasai ilmu penelitian bahasa dan pengajaran bahasa Inggris.
  7. Mampu menguasai konsep teoritis dasar mengajar dan pengelolaan kelas.
  8. Mampu menguasai konsep teoritis pemahaman lintas budaya.
  9. Mampu menguasai konsep teoritis tentang kewirausahaan di bidang pendidikan Bahasa Inggris.

 Kemampuan Bidang Kerja

  • Umum
  1. Mampu menerapkan konsep teoritis tentang pedagogi dalam proses belajar mengajar.
  2. Mampu menerapkan prinsip psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan dalam proses belajar mengajar.
  3. Mampu menerapkan konsep dan teknik pengembangan program pembelajaran, penyajian (metode dan prosedur), pengelolaan, dan evaluasi program pembelajaran Bahasa Inggris yang mendidik.
  • Khusus
  1. Mampu berkomunikasi bahasa Inggrissecara lisan dan tulisan sesuai konteks keseharian/umum dan akademis setara tingkat post-intermediate.
  2. Mampu menerapkan teknik berkomunikasi secara lisan dan tulisan Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (English for Specific Purposes) sesuai konteks keseharian/umum dan akademis setara tingkat intermediate.
  3. Mampu mengaplikasikan konsep teoritis kesusastraan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.
  4. Mampu menerapkan konsep teoritis ilmu kebahasaan (linguistik) dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.
  5. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, mengevaluasi pembelajaran, serta melakukan perbaikan metode dan proses belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan mutu.
  6. Mampu menerapkan pembelajaran bahasa Inggris berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pengembangan mutu pendidikan.
  7. Mampu melakukan penelitian bahasa dan pengajaran bahasa Inggris.
  8. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah mutu, relevansi, atau akses pembelajaran Bahasa Inggris serta menyajikan beberapa alternative solusi sebagai bahan pengambilan keputusan.
  9. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
  10. Mampu mengadaptasi budaya pemakai bahasa sasaran yang positif ke dalam budaya bahasa ibu.
  11. Mampu menjadi wirausahawan yang kreatif dalam bidang Bahasa Inggris.
  12. Mampu menjadi pengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak.